Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sego Cawuk Kuliner Khas Banyuwangi



Hai sobat blogger… 
Pernah denger gak yang namanya Sego Cawuk? Kita mau kasih tau nih tentang makanan khas yang satu ini. Sego cawuk merupakan salah satu makanan khas yang terkenal di Banyuwangi. Sego cawuk berasal dari bahasa banyuwangi, sego yang artinya nasi dan cawuk yang artinya makan dengan tangan. Jadi, kalau diartikan dalam satu kalimat berarti nasi yang dimakan langsung dengan tangan. Sego cawuk biasanya menjadi sarapan pagi bagi masyarakat Banyuwangi. Makanan ini terdiri nasi dengan campuran parutan kelapa muda, jagung muda yang dibakar dan timun yang dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih dan sedikit asam. Hmmm, enyak-enyak… Belum lagi ditambah kuah pindang yang terbuat dari karamel gula pasir yang ditambah air dan dibumbui dengan lengkuas, daun salam, dan garam. Harumnya pasti menggoda dan menggugah selera makan kita. Untuk lauknya ada kikil, dendeng, pepes ikan laut, telur dan masih ada lagi lainnya yang bisa kita pilih.




Warung Mak Mantih yang berada di Pasar Rogojampi adalah warung yang banyak diserbu pembeli karena pilihan lauknya banyak dan harganya pun cukup terjangkau. Bila ingim menikmati sarapan ini harus membelinya pagi hari antara jam 06.00 hingga pukul 10.00.

Jangan sampai kelewatan mencicipi makanan khas ini ya traveler kalau sedang singgah di Banyuwangi. Selain enak makanan khas ini juga bergizi lho…

Selamat Mencoba...

9 comments for "Sego Cawuk Kuliner Khas Banyuwangi"